Beton

Jenis-Jenis Beton Precast Untuk Gorong-Gorong

Jenis-Jenis Beton Precast Untuk Gorong-Gorong

Jenis-Jenis Beton untuk Gorong-Gorong

Baik di perkotaan maupun di pedesaan, gorong-gorong merupakan elemen yang sangat penting. Gorong-gorong sendiri adalah struktur terowongan yang dibangun di bawah jalan atau rel kereta api. Aplikasinya memiliki manfaat yang penting, yaitu untuk menyediakan drainase hingga air maupun limbah bisa mengalir ke tempat yang diinginkan. Fungsi lainnya secara singkat ialah juga bisa untuk membawa kabel listrik atau kabel lain dari satu sisi ke sisi lain.

Pembuatan jenis-jenis beton precast itu sendiri tentunya menggunakan material beton, material beton pembentuk beton precast tersebut terbuat dari beton siap pakai atau ready mix, mengenai harga ready mix akan kami bahas pada di lain kesempatan

Sistem saluran pembuangan dengan gorong-gorong ini benar-benar tertutup oleh tanah hingga cukup aman. Untuk ragamnya, jenis-jenis beton untuk gorong-gorong sangatnya banyak. Bukan hanya satu jenis saja. Pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

Jenis-Jenis Beton untuk Gorong-Gorong

Beton menjadi salah satu bahan yang paling lazim dan paling kuat digunakan sebagai material gorong-gorong. Akan tetapi, untuk fungsinya tersebut, bukan hanya beton yang bisa dijadikan material. Ada banyak bahan untuk pembangunan saluran pembuangan atau pipa.

Inilah beberapa bahan pembuatan gorong-gorong. Beton menjadi salah satunya:

  • Beton
  • Baja
  • Plastik
  • Aluminium
  • polietilena dengan densitas tinggi

Jenis-jenis beton untuk gorong-gorong lebih banyak disukai dari pada material lainnya. Gorong-gorong beton sangatlah kuat dan tahan lama. Untuk pengerjaan tersebut, maka banyak digunakan beton precast berbagai bentuk.  Contohnya, U ditch, box culvert dan buis beton.

Penempatan Gorong-gorong

Lokasi saluran pembuangan harus didasarkan pada banyak aspek. Salah satunya adalah tata kota dimana penempatan saluran ini bisa di bawah jalan raya atau rel kereta api. Untuk lokasi tersebut memang paling banyak direkomendasikan. Salah satu penyebabnya adalah lebih ekonomis dan juga praktis tanpa butuh ruang. Pembangunannya juga tidak perlu membangun tanggul yang terpisah atau ruang tersendiri untuk menyediakan saluran pembuangan.

Jenis-jenis beton untuk gorong-gorong yang diaplikasikan pada lokasi tersebut harus tegak lurus dengan jalan. Dimensinya sendiri juga harus disesuaikan dengan debit air atau limbah yang akan melewati gorong-gorong tersebut. Maka, banyak jenis gorong-gorong yang bisa dipesan dengan custom atau sesuai permintaan konstruksi. Dengan dimensi yang lebih besar, maka memungkinkan tingkat maksimum air bisa lewat dalam saluran tersebut.

Jenis-Jenis Beton untuk Gorong-Gorong yang Perlu Anda Tahu

Karena kebutuhan setiap konstruksi itu beragam, maka pemesanan bentuk maupun dimensi dari gorong-gorong beton pun juga beragam. Penyediaannya tergantung dengan besar kecilnya kapasitas maksimum iar yang akan melewati gorong-gorong tersebut

Nah, secara umum, berikut ini adalah jenis-jenis beton untuk gorong-gorong yang digunakan dalam konstruksi:

Untuk lebih lengkapnya, berikut akan dijabarkan spesifikasi lengkap dari jenis-jenis beton untuk gorong-gorong di atas:

  1. U ditch

Pengertian U Ditch, seperti namanya, bentuk dari gorong-gorong ini adalah huruf U. Setelah beton matang dan siap pakai di pabrik beton precast, maka segera dikirim ke lokasi pembuatan gorong-gorong. Baru kemudian dirakit dengan beton yang presisi.

Pengertian U Ditch

Beton U ditch yang merupakan beton pra cetak ini bisa  didapatkan dalam berbagai diameter beton sesuai dengan yang dibutuhkan. Hasilnya adalah berupa saluran sederhana dengan diameter yang lebih besar dan mudah dipasang.

Jenis beton U ditch untuk gorong-gorong banyak diaplikasikan karena cocok untuk saluran air besar maupun kecil.

  1. Box culvert

Dari banyaknya jenis-jenis beton untuk gorong-gorong , box culvert adalah salah satu yang terbaik. Saluran air berbentuk kotak ini adalah salah satu yang populer untuk diaplikasikan di banyak lokasi konstruksi.

Gorong-gorong berbentuk segi empat yang paling umum memang terbuat dari beton. Hasilnya berupa saluran yang sangat kuat dan kokoh. Fungsinya banyak digunakan untuk menyalurkan air hujan agar tidak terjadi banjir.

Karena fungsinya ini, gorong-gorong dengan tujuan tersebut kurang fungsional pada saat musim kemarau. Meskipun demikian, pada musim penghujan, keberadaannya sangatlah penting.

Saluran berbentuk box culvert ini adalah saluran  pembuangan yang struktur rangkanya kaku dan sangat sederhana dalam konstruksi. Sangat cocok untuk aliran non-perenial di mana kedalaman scrub tidak signifikan tetapi tanahnya lemah. Pada bagian bawah kotak saluran pembuangan berfungsi mengurangi tekanan di tanah.

Gorong-gorong box culvert termasuk ekonomis karena kekakuan mereka tidak perlu adanya  pondasi yang terpisah.

Box culvert banyak digunakan dalam kasus-kasus tertentu, seperti pada basis tanah yang lemah.

  1. Buis beton

Dari berbagai jenis-jenis beton untuk gorong-gorong, buis beton menjadi salah satu yang paling banyak pula digunakan. Bentuknya berupa pipa yang bisa menjadi pilihan untuk saluran yang baik dan efektif.

Saluran pipa ini adalah jenis saluran pembuangan yang paling umum karena harganya yang kompetitif dan mudah dipasang. Material pembuatannya banyak yang dari beton karena lebih kuat dan juga tahan lama. Selain itu, bahan dari beton juga membuatnya lebih mudah untuk dibentuk dan disesuaikan dengan diameter yang diinginkan.

Pemilihan dari bahan beton juga lebih dipercaya karena jika saluran terbuat dari baja, kemungkinan bisa terjadi korosi dan bisa merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia karena sudah terkontaminasi.

Manfaat dari Berbagai Jenis Beton untuk Gorong-Gorong

Beton memang banyak dipilih sebagai material utama untuk pembuatan gorong-gorong. Pada sebagian produk, beton ini dibuat dari jenis beton bertulang. Bentuknya ada banyak sekali, ada yang seperti kotak, pipa dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan dalam konstruksi.

Dengan berbagai bentuk dan juga dimensi dari banyak jenis-jenis beton untuk gorong-gorong yang dibuat dengan sistem pra cetak, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Diantaranya:

  • Penghematan biaya
  • Jadwal konstruksi yang bisa dipercepat
  • Efisiensi hidraulik yang lebih tinggi
  • Estetika yang bagus

Gorong-gorong adalah struktur drainase yang melintang dan tertutup sepenuhnya. Biasanya membentang di bawah jalan atau sebidang tanah. Ukuran dan jenis gorong-gorong tergantung pada jumlah air yang mengalir, area yang dibuang dan kedalaman gorong-gorong yang sedang dipasang.

Selain sebagai saluran pembungan, jenis-jenis beton untuk gorong-gorong di atas juga memiliki peran dan manfaat lain. Beberapa gorong-gorong juga dapat berfungsi sebagai permukaan jalan, meskipun tidak seefisien untuk mengangkut air melalui pipa atau saluran.

Untuk gorong-gorong dari beton sendiri banyak dipilih, salah satunya karena faktor biaya yang komparatif, lokasi struktur, ketersediaan tenaga kerja terampil, batasan waktu dan desain yang diusulkan di awal konstruksi dimulai.

Saran Instalasi Jenis-Jenis Beton untuk Gorong-Gorong

Ketika memutuskan jenis gorong-gorong yang tepat untuk proyek Anda, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Gorong-gorong harus dipasang pada elevasi dan kemiringan yang benar untuk menghindari masalah erosi.
  • Perawatan saluran pembuangan tertutup tidaklah mudah dan bisa menjadi masalah di kemudian hari.  Biaya pemeliharaan harus dipertimbangkan juga untuk tujuan ini.
  • Pintu masuk dan keluar dari gorong-gorong harus dirancang dan dipasang dengan hati-hati.
  • Bahan agregat dapat digunakan untuk mengisi sisi, bawah dan atas gorong-gorong jika diperlukan. Pemasangan agregat yang benar akan mencegah erosi dan melindungi saluran pembuangan tersebut.
  • Pertimbangkan lalu lintas yang akan mengarah ke saluran pembuangan. Perhatikan pula seberapa dalam saluran akan dipasang. Terkadang, jenis-jenis beton untuk gorong-gorong bisa runtuh jika tidak dirancang dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *